Perunding Israel kesampingkan peran Turki terkait Palestina

juru runding perdamaian israel tzipi livni pada ahad mengesampingkan turki mengikuti peran segera selama menghidupkan kembali pembicaraan melalui bagian palestina, beberapa ketika sebelum menteri luar negeri amerika serikat john kerry meningglkan turki ke israel.

ketika ditanya apakah turki mampu memainkan peran berguna pada proses perdamaian -- Salah satu gagasan yang diangkat kerry di jumpa pers sebelumnya pada istanbul ahad pagi -- ia mengatakan terhadap radio publik: gagasan tersebut bagus ternyata usah masa.

livni, dan dan menteri kehakiman, ditugaskan memimpin usaha-usaha israel memperbarui perundingan langsung melalui pihak palestina dan macet beberapa pekan setelah diluncurkan selama september 2010 karena terjadi percekcokan soal pembangunan permukiman oleh israel, lapor afp dan xinhua.

kami akan pelajari kontribusi negara-negara regional, tutur mantan menteri luar negeri tersebut.

pemimpin regional berguna, setiap pemimpin palestina dan hendak berunding pasti harus mendapat dukungan negara-negara lain di kawasan, tetapi untuk ketika ini, kami sepenuhnya ikut serta selama usaha-usaha memulai terserah perundingan segera dan dibantu pihak amerika, katanya.

Informasi Lainnya:

ahad pagi ketika merampungkan lawatannya ke turki menjelang kedatangan pada israel, kerry menungkapkan turki mampu memainkan peran besar pada proses perdamaian di timur tengah.

turki mampu jadi kunci -- penyumbang bermanfaat bagi proses perdamaian, papar kerry terhadap wartawan, melalui menungkapkan ankara dapat memainkan peran sangat senetral dalam mewujudkan cuaca bagi perdamaian dalam komunitas internasional.

negara sekuat, setransformatif dan sesemangat turki mampu memiliki dampak besar untuk mitra dalam proses ini, katanya.

menlu as tersebut merupakan orang baru yang mendapat kepercayaan dari presiden barack obama supaya melaksanakan masalah timur tengah dibuat pihak dari usaha dan diperbarui dengan as guna mendesak para pihak kembali ke meja perundingan.

harapan-harapan pada washington tumbuh supaya mengikuti prakarsa melalui memulai terserah perundingan melalui diplomasi ulang-alik.

dari istanbul, menlu john kerry mendesak kaum pemimpin turki untuk secepatnya memulihkan hubungan diplomatik penuh melalui israel.

kerry menyatakan washington memandang kedua negara tersebut sebagai jangkar kestabilan dalam timur tengah. diplomat senior as itu mengeluarkan pernyataan tersebut pada taklimat tidak berlarut setelah pembicaraannya melalui menlu ahmet davutoglu di istanbul, persinggahan pertama perjalan ketiganya ke timur tengan selama Salah satu bulan.

kerry menyeru kedua negara itu, keduanya sekutu bermanfaat as, untuk mengirim kembali duta besar mereka sesegera mungkin. ia menambahkan kerja sama turki-israel hendak membantu menanggulangi tantangan yang dihadapi wilayah itu.