Duka Boston untuk mahasiswi China yang brilian ini

tiga mahasiswi universitas boston asal china juga saling bersahabat, mengalami nasib berbeda akibat bom maraton boston lalu. lu lingzi tewas, zhou danling luka parah, sedangkan satunya lagi selamat.

seluruh kampus berduka agar kematian lu, mahasiswi brilian jurusan matematika yang masih september tahun kemarin berada pada boston, agar berkuliah dalam universitas bergengsi itu.

ketiga wanita ini merupakan tergolong ratusan pihak yang terkena ledakan dua bom pada garis finish lomba maraton boston. bom-bom ini menewaskan tiga pihak serta melukai 180 orang.

kepala jurusan matematika universitas boston kathleen heavey mengatakan seluruh sivitas akademika berduka agar korban.

Informasi Lainnya:

hati dan pikiran kami bersama dengan keluarga serta kerabat korban, kata robert brown, rektor universitas yang memiliki 31.000 mahasiswa daripada 100 negara itu.

sebuah acara agar menghormati kaum korban sudah dipersiapkan, pun demikian suatu pemakaman massal diadakan kamis ini.

lu serta zhu merupakan tergolong ratusan mahasiswa china pada boston.

sebelum mengikuti maraton, lu memposting foto dia sedang melihat sarapan khas china di jejaring sosial china, weibo. sarapanku yang luar biasa, tulisnya selama bahasa inggris semisal dikutip afp.

para mahasiswa melalui tanpa putus asa membeli lu ketika dia dinyatakan hilang dari senin malam. zhu menjalani sejumlah operasi dalam properti sakit serta disebut dalam kondisi stabil.

dia dikelilingi teman-temannya, serta dia akan segera dikunjungi keluarganya, tutur pendeta universitas itu, reverend robert hill.

mahasiswi ketiga masih tetap anonim serta begitu berat untuk berbicara, kata kaum mahasiswa.

gao qin, mahasiswa jurusan hukum berusia 24 tahun asal shanghai, menyampaikan semua pihak mengkhawatirkan lu, seluruh pihak berusaha mencarinya sesudah dikabarkan hilang.

semua pihak terkejut serta sedih kalau mereka mendapati gadis tersebut sudah meninggal, sambung gao seperti dikutip afp.

banyak dari teman-teman saya adalah temannya juga, karena ini merupakan komunitas dan sangat kecil. mereka mengenang betapa lucu juga menyenangkannya dia. dia dan pekerja keras.

lu bersekolah di shenyang, lalu meraih sarjana ekonomi juga perdagangan internasional pada institut teknologi beijing.

pada 2010, dia berkuliah di universitas california selama riverside selama tiga bulan demi memperbesar peluangnya bisa berkuliah selama sini.

para profesor boston menyebutnya sebagai mahasiswi dan cemerlang.

mahasiswa teologi meghan nelson meletakkan sepasang sepatu, bunga dan gantungan kunci universitas itu di depan memorial martin luther king supaya menghormati mahasiswi yang tewas ini.

joy lin, mahasiwa berusia 23 tahun daripada beijing, meletakkan topi hijau dan tulisan berbunyi dari boston serta beijing bersama cinta.

dia orang cina serta aku dan cina. topi ini khas boston. ada imigran irlandia datang ke sana. boston adalah rumahku. aku amat mencintai boston, kata dia.

sejumlah mahasiswa universitas boston menjadi saksi daripada pemboman itu serta pilihan diantaranya menjadi relawan pascapemboman.

derrick kwok tadinya merupakan relawan supaya pelari yang kelelahan juga membutuhkan pemeliharaan kesehatan di dekat garis finish. tapi dalam situasi dan berubah dramatis dia beralih mempunyai tandu agar para korban pemboman.

relawan lainnya, alex kwok, mengaku merasakan kedua ledakan tersebut. tadinya dia mengira ada tenda roboh ataupun generator meledak. aku tak yakin itu bom seperti perkiraan awal orang di umumnya, tutur dia semisal dikutip afp.