China sangat cemas pada Jepang dan Taiwan

china amat khawatir setelah jepang juga taiwan menandatangani perjanjian penangkapan ikan selama laut kurang lebih grup pulau bersengketa dalam laut china timur, dan maka pusat konflik beijing melalui tokyo.

kami amat takut di jepang serta taiwan, dan membicarakan serta menandatangani perjanjian penangkapan ikan, papar juru bicara kementerian luar negeri china, hong lei, selama jumpa wartawan, di beijing, rabu.

kami mengharapkan jepang melalui sungguh-sungguh menaati janji-janjinya tentang masalah taiwan serta bertindak waspada serta baik, ujarnya.

jepang mempunyai hubungan diplomatik cuma dengan china; serta mengakui taiwan dibuat wilayah china, akan tetapi negara itu mempertahankan hubungan ekonomi erat serta kebudayaan dengan taiwan.

china juga taiwan mempunyai pemerintahan terpisah dari pasukan nasionalis dikalahkan dan lari ke pulau itu selama akhir perang saudara dengan komunis selama 1949. china, apabila mesti mau membeli kekuatan militer agar mengembalikan taiwan dibawah kekuasaannya.

Informasi Lainnya:

kendati china dalam umumnya senang terhadap taiwan menandatangani perjanjian-perjanjian perdagangan dan bisnis melalui negara-negara lain tampaknya negara itu tak setuju dalam perjanjian-perjanjian dan menyampaikan taiwan adalah Salah satu negara dan berdaulat.

jepang mencapai papar sepakat dengan taiwan supaya mengizinkan kapal-kapal nelayan taiwan beroperasi dalam pihak dari zona ekslusif jepang di kurang lebih pulau-pulau yang dipelajari jepang, akan tetapi juga diklaim dengan china juga taiwan.